Pelatihan Kewirausahaan

UPT Pengembangan Kemahasiswaan Universitas Jambi (Unja) menggelar pelatihan kewirausahaan bagi mahasiswa dan alumni. Acara yang berlangsung di Gedung Rektorat Lantai II Kampus Unja Mendalo dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Drs. Zulkifli,M.S.

Dalam sambutannya,  Zulkifli mengatakan bahwa, peran pendidikan khususnya pada perguruan tinggi sangat penting untuk menumbuhkan minat mahasiswa dalam berwirausaha sehingga terbatasnya lapangan pekerjaan tidak lagi menjadi masalah besar karena mahasiswa sudah mampu menjalankan usaha sendiri. “Lulusan perguruan tinggi tidak bisa lagi sekedar mengandalkan ijazah untuk mencari pekerjaan, namun dituntut memiliki kompetensi dan keterampilan yang dimiliki,” katanya.

Ia juga menjelaskan, banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan berwirausaha seperti meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam bidang kewirausahaan agar tercipta kader pengusaha muda yang berpotensi, mampu memenuhi kebutuhan sendiri, menciptakan lapangan kerja bagi orang lain sehingga membantu pemerintah dalam mengurangi masalah pengangguran. “Modal utama dalam berwirausaha adalah kemauan dan keuletan untuk bersungguh-sungguh menjalankan suatu proses atau usaha,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Pengembangan Kemahasiswaan Dr. Ir. Suryono, M.Si menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki keterampilan kewirausahaan. “Pengembangan kegiatan kemahasiswaan dalam bidang pelatihan kewirausahan sangat dibutuhkan,” katanya.

Menurutnya, UPT Pengembangan Kemahasiswaan merasa bertanggung jawab untuk dapat meningkatkan kemampuan dan wawasan  berwirausaha berupa diseminasi kepada mahasiswa dan alumni. sehingga akan menghasilkan lulusan ataupun menjadi alumni yang handal dan mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya khususnya dalam mendapatkan kesempatan kerja.

“Jika lulusan tidak mempunyai wawasan kewirausahaan yang baik sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, maka sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan seperti yang diharapkan,” katanya pula.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yakni, Dr. Tona Aurora Lubis, SE., MM  dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unja,  J. Ilyas, M. SE Kepala Bidang Fasilitas, Pembiayaan dan Simpan Pinjam Koperasi dan UMKM Provinsi Jambi dan Khairum Anam seorang Enterpreneur pengusaha roti dan kue tradisional (Dedi Irwandi /Yuli)

SAM_3451SAM_3435SAM_3401SAM_3451